Objek mode adalah mode ketika kita bisa transformasi sebuah objek secara kesuluranbaik itu scale, rotate atau move. Jadi ketika kita ngatur objek ini misalnya, dia ngikut semua
sedangkan edit mode adalah mode dimana kita bisa transformasi objek secara lebih luas, dalam blender 2.8 bisa masuk ke workspace “modeling”. Workspace modeling ini, sama seperti ketika kita di workspace layouting dari objek mode ke edit mode.
Cara pindah dari objek mode ke edit mode, kalo pake shortcut tinggal tekan tombol Tab.
Di edit mode, kita bisa melakukan lebih banyak hal kepada objek yang dituju, misal saya mau edit objek ini, saya tekan tab, masuk ke edit mode, saya bisa mengubah vertice, edge atau face disini, melakukan exturde, nambah loop cut, dan masih banyak lagi. Ketika saya sudah selesai mengedit, saya balik ke objek mode untuk melihat hasil jadi, sekaligus mengatur objek ini seperti mau diletakkan dimana misalnya.
Blender juga bisa edit banyak objek dalam satu waktu, caranya tinggal pilih objek mana yang mau di edit, bisa menggunakan selection box, shortcutnya B. atau bisa dengan mudah tahan tombol shift sembari klik objek mana saja yang mau di edit. Meski di edit secara bersamaan dalam mesh data, kedua objek ini masih dua objek yang berbeda.
Nah, di dalam edit mode ada yang namanya “mesh selection mode”, yaitu sebuah tool yang bisa membedakan selecting antara select vertex, edge atau face. Secara default ketika kita masuk ke edit mode, selection modenya berada di vertex selection, cara select vertex nya tinggal klik kiri aja pada vertex yang dituju, sedangkan untuk select banyak vertex, bisa tekan shift, lalu klik beberapa vertex yang ingin di pilih,
kita bisa transform seperti scale, rotate, sama move juga
sebenarnya dengan vertex selection kita bisa select edge dan face juga, seperti ini misalnya
tapi kalau dirasa kelamaan, kita bisa ubah selection modenya seperti misal kita mau select edge ya pilih edge selection, kalau mau select face ya pilih aja face selection mode nya. Selain dengan klik, kita juga bisa menggunakan shortcut yakni nomor 1 2 dan 3. ini tombol nomor yang diatas tombol huruf ya, bukan tombol numpad.
Disini kita juga bisa menggunakan lebih dari satu selection mode, caranya tinggal tahan shift lalu klik aja selection mode yang mau dipilih, selain itu juga bisa dengan tahan shift lalu tekan 1 2 atau 3 pada keyboard.
Selain itu di edit mode ada juga yang namanya “loop Selection”, adalah cara seleksi bagian yang memutar dan saling terhubung. Disini kita bisa select semua face, edge atau vertex yang saling terhubung dalam satu putaran.
Caranya adalah tahan alt lalu klik bagian loopcut, bisa juga ganti selection tool sesuai kebutuhan. Bagian pinggir dari kotak ini nggak bisa di select memutar karena dia bukan loopcut ya, jadi dia tidak bisa di loop select menggunakan vertex atau edge, tapi masih bisa di select menggunakan face selection karena pinggiran kotaknya termasuk face dengan loopcut yang dibuat.
Oke saya rasa cukup untuk pengetahuan dasar blender tentang objek mode dan edit mode, besok pasti digunakan ketika sudah masuk part modeling. Jadi jangan lupa lanjut terus ke part berikutnya. Mohon maaf kalau ada salah kata maupun salah pengucapan istilah. Sampai jumpa lagi
0 comments:
Post a Comment